Selasa, 28 Agustus 2018

Pengertian Obat

Didalam dunia kesehatan, sudah jelas sekali ada yang namanya Obat. Apa sih pengertian obat itu? didalam arti yang luas yang dimaksud dengan obat adalah semua zat baik kimiawi, hewani maupun nabati, yang dalam dosis lazim dapat menyembuhkan, menghambat, membasmi, meringankan atau mencegah penyakit beserta gejala-gejalanya.

Sebagian obat yang digunakan pada zaman dahulu adalah obat-obatan yang berasal dari tanaman, hewan. Dengan cara mencoba-coba, dan secara empiris nenek moyang kita mendapatkan pengalaman dengan berbagai macam daun atau akar tumbuhan untuk menyembuhkan penyakit. Pengetahuan ini secara turun temurun diturunkan dari nenek moyang kita sampai kepada anak cucu kita, disimpan dan dikembangkan, sehingga muncul ilmu pengobatan tradisional, sebagaimana pengobatan jamu yang ada di Indonesia.

Obat yang pertama kali digunakan adalah obat yang berasal dari tanaman yang dikenal dengan sebutan jamu. Obat-obatan ini digunakan dengan merebus atau mengekstrak dengan aktivitas yang seringkali berbeda-beda tergantung dari asal manakah tanaman itu berasal dan cara pembuatannya.

Hal ini dianggap kurang memuaskan, maka para ahli kimia mulai mencoba mengisolasi zat-zat aktif yang terkandung didalam tanaman sehingga menghasilkan serangkaian zat - zat kimia yang bisa digunakan sebagai obat, misalnya efedrin dari tanaman Ephedra vulgaris, atropin dari Atropa belladonna, morfin dari Papaver somniferium.

Pada abad ke XX mulailah dibuat obat - obat sintesis, seperti asetosal, disusun kemudian dengan sejumlah zat - zat lainnya. Pendobrakan sejati baru tercapai dengan  penemuan dan penggunaan obat - obat kemoterapeutik sulfanilamid tahun 1935 dan Penisilin pada tahun 1940.dan pada tahun 1945 ilmu kimia, fisika, dan kedokteran berkembang sangat pesat yang menguntungkan bagi penyelidikan yang sistematis dari obat - obat baru.

Obat - obat kuno semakin terdesak karena setiap tahunnya menghasilkan penemuan - penemuan baru lebih dari 500 macam obat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar