Sabtu, 25 Agustus 2018

Pengertian Farmakologi

Di dalam ilmu ke-farmasian ada mata pelajaran yang namanya farmakologi, Apa itu farmakologi? definisi farmakologi , Farmakologi atau ilmu khasiat obat adalah ilmu yang mempelajari pengetahuan obat dengan seluruh aspeknya, baik sifat kimiawi maupun fisikanya, kegiatan fisiologi, resorpsi, dan nasibnya (obat) dalam organisme hidup. Dan untuk menyelidiki interaksi-interaksi antara obat dan tubuh manusia khususnya, serta penggunaanya dalam pengobatan penyakit disebut farmakologi klinis 

farmakologi sendiri memiliki cabang atau ruang lingkup ilmu farmakologi yaitu Farmakognosi, Biofarmasi, Farmakokinetika, Farmakodinamika, Toksikologi, Farmakoterapi, dan Farmasetika

1. Farmakognosi, mempelajari pengetahuan dan pengenalan obat yang berasal dari alam seperti tanaman, hewan, dan mineral serta mempelajari zat-zat aktifnya.

2. Biofarmasi, meneliti pengaruh formulasi obat terhadap efek terapeutiknya.

3. Farmakokinetika, meneliti perjalanan obat mulai dari saat pemberiannya, bagaimana absorbsi dari usus, tranfer dalam darah dan distribusinya ke tempat kerjanya dan jaringan yang lain.

4. Farmakodinamika, mempelajari kegiatan obat terhadap organisme hidup terutama cara kerja dan mekanismenya, reaksi dari fisiologi, serta efek terapi yang ditimbulkannya.

5. Toksikologi, mempelajari pengetahuan tentang efek racun dari obat terhadap tubuh manusia.

6. Farmakoterapi, mempelajari penggunaan obat untuk pengobatan penyakit atau gejalanya.

7. Farmasetika, mempelajari cara membuat, mencampur, dan memformulasikan obat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar